UTS
Manajamen Strategik
1.
Apa
yang di maksud dengan manajemen strategik ?
Menurut Fred R.
David Manajemen Strategik adalah sebuah ketrampilan / ilmu yang menerapkan
formulasi/perumusan, implementasi dan evaluasi keputusan lintas fungsional yang
membuat organisasi mencapai objektifnya, dengan kata lain bahwa Manajemen
Strategik adalah kemampuan perusahaan dalam merumuskan tujuan perusahaan untuk
menentukan bisnis yang akan dijalankan dan mengalokasikan sumber daya yang ada.
Kemudian kemampuan perusahaan mengimplementasikan/menjalankan bisnisnya dan
yang terakahir mengevaluasi bisnisnya, Apakah faktor yang mempengaruhi bisnisnya
?, bagaimana performa perusahaan ?, lalu mengkoreksinya
2.
Jelaskan
implementasi manajemen strategis yang ada di ALDI ?
Implementasi manajemen
startegis yang ada pada ALDI adalah
ALDI merancang kebijakan bahwa ALDI harus memberikan
karyawannya dengan pengetahuan dan ketrampilan dengan melakukan pelatihan wajib
bagi karyawannya, agar mereka dapat melakukan tugasnya dan berkompeten.
Pelatihan diharapkan untuk meningkatkan efisiensi bisnis tetapi juga untuk memotivasi,
sehingga meningkatkan kepuasan kerja karyawan.
Berdasarkan penjelasan diatas,
dalam jangka pendek pelatihan digunakan untuk membantu perusahaan agar
efektif dan efisien, dalam jangka panjang pelatihan dapat mengembangkan
ketrampilan dan kompetensi karyawan.
Implementasi selanjutnya adalah ALDI memberikan harga yang
rendah untuk pelanggannya, hal ini sesuai dengan slogan ALDI “Spend Little, Live A lot” yang artinya
menghabiskan uang sedikit untuk hidup yang lebih banyak, dengan harga rendah akan
memberikan pilihan yang lebih banyak untuk pelangganya.
3.
Tentukan
keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman ALDI dengan menggunakan SWOT
analysis?
SWOT Analysis
Strength (Keunggulan)
1. ALDI
memberikan produk-produk dengan kualitas terbaik dan memberikan nilai untuk
pelanggannya.
2. ALDI
memiliki ribuan toko ritel diseluruh dunia termasuk di Eropa, Amerika Utara dan
Australia, dan akan masih terus berkembang.
3. ALDI
memberikan produk terbaik dengan harga yang kompetitif.
4. ALDI
memiliki biaya yang rendah, akibat dari operasi yang efisien.
5. ALDI
menempatkan bahwa yang paling penting adalah melatih dan mengembangkan
karyawannya
Weakness (Kelemahan)
1. Harga produk yang rendah bagi sebagian orang
merasa ragu untuk membeli produk tersebut.
Oppotunity (Peluang)
1. ALDI
belum mengembangkan pasar di ASIA dan AFRIKA, itu merupakan peluang untuk
mengembangkan pangsa pasar yang lebih luas.
2. Ekspansi
yang cepat membuat ALDI membutuhkan hingga 4000 staf selama 12 bulan. Ini
merupakan peluang untuk menciptakan lapangan pekerjaan.
Threat
(Ancaman)
1. Banyaknya
para pesaing yang masuk kedalam pasar merupakan ancaman bagi ALDI.
2. Ancaman
bagi ALDI adalah pasokan yang lancar dengan harga yang rendah, semakin tinggi
perkembanganALDI , maka berkibat pasokan yang semakin tinggi pula.Sehingga pemasok
akan sulit memenuhi kebutuhan pasar.
4.
Jelaskan
strategi perluasan pasar yang dilakukan ALDI ?
Strategi
perluasan pasar yang dilakukan ALDI adalah ALDI mengembangkan usahanya di
Eropa, Amerika Utara dan Australia. Dapat kita lihat bahwa ALDI menggunakan
strategi market development yaitu
ALDI terus meningkatkan usaha pemasarannya dengan terus mengembangkan usahanya
di kawasan Eropa, Amerika Utara dan Australia, dengan expansi yang cepat, ALDI
membutuhkan staf yang sangat banyak, perusahaan harus merekrut 4000 staf hingga
12 bulan berikutnya untuk memenuhi syarat penjualan yang meningkat dan
pembukaan toko baru.
5.
Menurut
saudara, strategi apakah yang paling tepat bagi ALDI untuk mengembangkan
usahanya ?
Menurut
saya strategi yang paling tepat bagi ALDI untuk menggembangkan usahanya adalah
dengan menggunakan Integration Strategy
dan menggunakan backward intergration atau
mendapatkan kepemilikan/ kontrol lebih untuk pemasok karena saya melihat bahwa ALDI perlu melakukan
negosiasi dengan beberapa pemasok dan menjadikannya sebagai partner untuk
mendapatkan harga terbaik, hal ini diperlukan untuk menjaga agar pasokan dapat
memuhi kebutuhan pasar yang tinggi.
Strategi
ini cocok dilakukan karena perusahaan ALDI akan terus berkembang dengan
membutuhkan produk yang banyak dan cepat, yang terpenting dengan strategy ini
untuk dapat menjaga kestabilan harga.
Strategi
yang kedua adalah market development atau
mengembangkan pasar, ALDI masih memiliki pasar yang luas dan belum mereka
masuki yaitu di kawasan ASIA dan AFRIKA, dengan banyaknya negara berkembang
saya rasa ALDI dapat diterima di kawasan tersebut, karena ALDI memiliki produk
berkualitas dan harga yang murah.
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon