1. Kalimat-kalimat
berikut akan membentuk sebuah paragraf. Susunlah kalimat-kalimat berikut dengan
urutan yang logis!
a. Sejak
itulah energi nuklir dan pengaruh radiasinya menjadi masalah baru bagi manusia.
b. Akan
tetapi radiasi nuklir itu menimbulkan persoalan bagi manusia.
c. Pada
tahun 1945 meledaklah bom atom yang pertama untuk mengakhiri perang dunia II.
2. Berikan
contoh satu kutipan langsung dan satu kutipan tidak langsung!
3. Susunlah
satu paragraf argumentatif yang minimal terdiri dari tiga kalimat!
4. Ubahlah
penulisan daftar pustaka di bawah ini sesuai dengan Pedoman Penulisan Karya
Ilmiah yang dikembangkan UNNES!
a. Koentjoroningrat,
Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta, 1991, Gramedia.
b. Soerjono
Soekamto, 1986, Sosiologi Suatu Penghantar, Jakarta, Rajawali.
c. James
Danandjaja, Antropologi Psikologi, Jakarta, Raja Grafindo, 1994.
5. Kembangkan
ide pokok adaptasi adalah proses
penyesuaian terhadap lingkungan ini menjadi paragraf deduktif yang minimal
terdiri dari lima kalimat.
6. Perbaikilah
penulisan kalimat-kalimat beriikut sehingga sesuai dengan Ejaan Bahasa
Indonesia yang Disempurnakan!
a. Buku
itu disusun oleh DR. Usman d.k.k.
b. Saya
kuliah di Universitas Negeri Semarang jurusan ekonomi program studi manajemen.
c. Oleh
karena itu kita harus menghormati pendapatnya.
d. Tiga
hal yang dikemukakan supriyadi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.
e. Penelitian
Manajemen Berbasis Kompetensi dilakukan oleh Suryana.
7. Perbaikilah
penulisan kalimat-kalimat pada paagraf berikut dan penulisan kutipannya
sehingga mudah dipahami maknanya dan benar!
Menurut Kuncoro Hartono, bahwa strategi perencanaan paling
tidak memiliki empat bentuk dimensi dalam mengatasi masalah di atas, antara
lain (1) sifat tugas dalam bentuk administratif dan teknis, (2) dalam peran
perencana adalah bentuk klien di mana perencana bekerja, (3) sponsor
(negeri/publik atau swasta), dan (4) orientasi yang dialami oeh perencana
adalah membantu pemecahan masalah meliputi dua orientasi yaitu aktivitas
langsung pada proses sosial seperti psikologi belajar, perencanaan kurikulum,
kepelatihan guru/siswa, kelompok pengajar atau pembelajaran individual, serta
aktivitas yang berkaitan dengan lingkungan fisik, seperti peralatan yang
digunakan untuk belajar, dan masyarakat di mana bangunan terletak. (Kunoro
Hartono, 2000:12).
Sign up here with your email
1 komentar:
Write komentarConversionConversion EmoticonEmoticon