SOAL UAS UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP Bahasa Indonesia UNNES PERIODE TAHUN 2013/2014




1.    Kalimat-kalimat berikut akan membentuk sebuah paragraf. Susunlah kalimat-kalimat berikut dengan urutan yang logis!
a.       Sejak itulah energi nuklir dan pengaruh radiasinya menjadi masalah baru bagi manusia.
b.      Akan tetapi radiasi nuklir itu menimbulkan persoalan bagi manusia.
c.       Pada tahun 1945 meledaklah bom atom yang pertama untuk mengakhiri perang dunia II.
2.    Berikan contoh satu kutipan langsung dan satu kutipan tidak langsung!
3.    Susunlah satu paragraf argumentatif yang minimal terdiri dari tiga kalimat!
4.    Ubahlah penulisan daftar pustaka di bawah ini sesuai dengan Pedoman Penulisan Karya Ilmiah yang dikembangkan UNNES!
a.       Koentjoroningrat, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta, 1991, Gramedia.
b.      Soerjono Soekamto, 1986, Sosiologi Suatu Penghantar, Jakarta, Rajawali.
c.       James Danandjaja, Antropologi Psikologi, Jakarta, Raja Grafindo, 1994.
5.    Kembangkan ide pokok adaptasi adalah proses penyesuaian terhadap lingkungan ini menjadi paragraf deduktif yang minimal terdiri dari lima kalimat.
6.    Perbaikilah penulisan kalimat-kalimat beriikut sehingga sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan!
a.       Buku itu disusun oleh DR. Usman d.k.k.
b.      Saya kuliah di Universitas Negeri Semarang jurusan ekonomi program studi manajemen.
c.       Oleh karena itu kita harus menghormati pendapatnya.
d.      Tiga hal yang dikemukakan supriyadi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi.
e.       Penelitian Manajemen Berbasis Kompetensi dilakukan oleh Suryana.
7.    Perbaikilah penulisan kalimat-kalimat pada paagraf berikut dan penulisan kutipannya sehingga mudah dipahami maknanya dan benar!
Menurut Kuncoro Hartono, bahwa strategi perencanaan paling tidak memiliki empat bentuk dimensi dalam mengatasi masalah di atas, antara lain (1) sifat tugas dalam bentuk administratif dan teknis, (2) dalam peran perencana adalah bentuk klien di mana perencana bekerja, (3) sponsor (negeri/publik atau swasta), dan (4) orientasi yang dialami oeh perencana adalah membantu pemecahan masalah meliputi dua orientasi yaitu aktivitas langsung pada proses sosial seperti psikologi belajar, perencanaan kurikulum, kepelatihan guru/siswa, kelompok pengajar atau pembelajaran individual, serta aktivitas yang berkaitan dengan lingkungan fisik, seperti peralatan yang digunakan untuk belajar, dan masyarakat di mana bangunan terletak. (Kunoro Hartono, 2000:12).
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar