Soal UTS audit internal 2015 UNNES takehome



PANITIA UJIAN TENGAH SEMESTER
TAHUN AJARAN GASAL 2015/2016
FAKULTAS EKONOMI

Nama Mata Kuliah              : Audit Internal                                      Pengampu    : 1. Drs. Sukirman, M.Si
SKS                                        : 2 SKS                                                                             2. R.Hidayah,S.E,M.Sc. Acc., M.Si
Semester/Tahun                  : Gasal/ 2015                                        Hari/Tanggal: Kamis, 29 Oktober 2015
Prodi/Jurusan                       :  Akuntansi S1                                     Waktu             : 90 Menit

Petunjuk Pengerjaan :
1.    Sifat ujian takehome. Dikirim paling lambat pukul 18.00 WIB – TANPA TOLERANSI
2.    Selesai mengerjakan, soal harus dikembalikan dengan diletakkan didalam lembar jawab.

1.      Jelaskan perbedaan antara auditor eksternal dan auditor Internal ! (5)
2.      Sebut dan jelaskan hal-hal yang dapat mempengaruhi independensi seorang auditor internal atau menimbulkan sifat kecurangan dalam diri auditor internal dan jelaskan  theory yang melandasi hal tersebut? (25)
3.      Seorang auditor internal Mr. Roger perlu melakukan suatu proses verifikasi untuk mendapatkan keyakinan secara sistematis dan obyektif terkait kegiatan entitasnya. Oleh karena itu, Mr.Roger ingin melakukan pekerjaan lapangan dalam rangka memperoleh keyakinan operasi audit. Menurut Saudara, metode apa saja yang dapat digunakan untuk membantu Mr. Roger dan jelaskan! (20)
4.      Dalam rangka pelaksanaan pekerjaan lapangan, audit internal harus mampu menciptakan suatu strategi yang handal, seperti yang dilakukan oleh perusahaan di US bernama Carolina Power and Light. Perusahaan ini telah mampu mengembangkan konsep audit SMART dalam pelaksanaan operasi auditnya. Menurut Saudara, apakah yang Saudara ketahui terkait konsep SMART tersebut? (10)
5.      Dalam suatu rapat direksi, seorang pimpinan perusahaan bernama Miabella mengatakan bahwa dengan adanya auditor internal maka segala macam risiko yang ada di perusahaan dapat dihilangkan 100%. Hal ini disebabkan tingkat ketelitian dan kewaspadaan yang tinggi dari pihak auditor sehingga mampu mendeteksi segala macam risiko dan mencegahnya sebelum risiko tersebut mempengaruhi kinerja perusahaan. Berikan pandangan Saudara terhadap pemikiran yang dikemukakan Miabella ! (15)
6.      Posisikanlah diri saudara sebagai seorang auditor internal di suatu perusahaan dan illustrasikanlah bagan alir vertikal untuk Departemen Penjualan secara terperinci dan detail ! (25)
Previous
Next Post »

4 komentar

Write komentar
Ecik
AUTHOR
30 January 2020 at 05:39 delete

jawaban no 5 apa ya kak?Berikan pandangan Saudara terhadap pemikiran yang dikemukakan Miabella?mohon bantuan nya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10 April 2020 at 15:48 delete This comment has been removed by the author.
avatar
Anonymous
AUTHOR
12 April 2020 at 12:21 delete

eh ada diny

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19 April 2021 at 08:15 delete

Kak nmr 5 dong jawabannya apa

Reply
avatar