Laporan Kunjungan Ke Kompas TV JAwa Tengah





BAB 1
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Study Lapangan merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang berhubungan dengan akademik dan untuk mendukung proses belajar mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa tidak hanya mendapatkan teori atau pelajaran dari kampus saja, akan tetapi mahasiswa dapat melihat praktik dilapangan dan mendapat pengetahuan, sehingga menambah pengalaman dari luar kampus sebagai penyempurnaan.
Dipilihnya Kompas TV Jawa Tengah untuk kunjungan karena Kompas  TV Jawa Tengah merupakan salah satu stasiun televisi lokal di Jawa Tengah. Media pertelevisian ini sangat berpengaruh karena  sebagai salah satu saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan informasi. Media pertelevisian sangat mempengaruhi aspek kehidupan dimasyarakat, bahkan bisa dijadikan contoh, dalam partiknya, Kompas TV yang memiliki slogan “ Inspirasi Indonesia”  selalu mengedepakan aspek kejujuran tanpa settingan di setiap program acaranya dan memiliki acara yang bermutu dan berkualitas
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana sejarah Kompas TV Jawa Tengah?
2.      Apa saja ruang bagian di Kompas TV Jawa Tengah?
3.      Bagaimana proses peliputan jurnalistik dan penyampaian berita
C.    TUJUAN
1. Sebagai pengganti Ujian Tengah Semester mata kuliah Bahasa Indonesia.
2. Untuk mengetahui sejarah berdirinya Kompas TV Jawa Tengah.
3. Untuk mengetahui proses pengolahan dan penyampaian berita.

D.    Manfaat
Penulisan karya tulis ini diharapkan dapat memberikan manfaat yaitu :
1.      Menambah wawasan mahasiswa
2.      Mengetahui proses pengolahan  dan penyampaian infromasi di Kompas TV
3.      Menambah pengetahuan mahasiswa televisi sebagai salah satu media elektronik  yang berpengaruh

E.     Peserta Kunjungan
Peserta kunjungan ini terdiri dari mahasiswa dan dosen pembimbing rombel 6 Mata kuliah Bahasa Indonesia


F.     Waktu dan tempat
Tempat tujuan kunjungan ini adalah Kompas TV Jawa Tengah. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 6 November 2014 Pukul 13.00 sampai dengan pukul 17.00










BAB II
KUNJUNGAN STUDY  DI KOMPAS TV JAWA TENGAH
A.    Sejarah Berdirinya Kompas TV Jawa Tengah
Kompas TV Jawa Tengah sebelumnya bernama TV Borobudur adalah stasiun televisi swasta yang berpusat di Semarang, Jawa Tengah.
Kompas TV Jawa Tengah merupakan televisi lokal swasta pertama di Semarang, dengan nama awal TV Borobudur. Stasiun TV yang berada di channel 47 UHF ini resmi mengudara sejak pertengahan tahun 2003, tepatnya pada 12 Mei 2003. Pada awal beroperasi, studio TV Borobudur terletak Jl. Setiabudi 5A Semarang, terpisah dari kantor pemasarannya yang berada di Jl. Sultan Agung 115A, kemudian mulai 1 Februari 2014 TV Borobudur bergabung dengan Kompas TV sehingga merubah nama menjadi Kompas TV Jawa Tengah dan jangkauan siarannya sudah terjangkau di seluruh Jawa Tengah.

B.     Gedung Kompas TV Jawa Tengah
Saat ini Kompas TV Jawa Tengah terletak di Gedung SCJ Plaza, Lt 6, Jl. H. Agus Salim, Semarang. Jawa Tengah atau berada di bekas gedung Matahari depan Pasar Johar Semarang, dalam kantor Kompas TV Jawa Tengah ini, agar dapat berjalan dengan baik Kompas TV Jawa Tengah memiliki beberapa ruang pendukung yang digunakan untuk mengolah dan menyampaikan informasi kepada masyarakat. Ruang yang digunakan Kompas TV adalah ruang redaksi berita, ruang visual, ruang editing, ruang kontrol, studio mini, dan studio besar.
1.         Ruang Redaksi
Ruang redaksi adalah ruang yang digunakan untuk mengatur berita yang akan disampaikan yaitu diruang ini wartawan akan berkumpul menentukan berita yang masih hangat atau berita terikini yang akan menjadi topik terhangat saat ini. Ada perbedaan antara berita yang diperoleh di Semarang dan luar Semarang, Jika dari Semarang, wartawan meliput kemudian berita diedit dan masuk diruang visual, akan tetapi jika dari luar Semarang wartawan setelah meliput langsung menyiarakan dengan cara streaming. Diruang redaksi ini berisi beberapa komputer yang berfungsi untuk mengolah berita yang didapatkan dari wartawan, sehingga berita dapat disajikan sebaik mungkin agar penonton dapat memahami isi berita tersebut
2.         Ruang Visual
Ruang visual berfungsi sebagai ruang penyimpanan perlengkapan audio visual maupun tempat menyimpan data program acara yang akan atau sudah disiarkan.
3.         Ruang Editing
Ruang editing  berfungsi sebagai ruang untuk mengedit video, video ini dapat berasal dari wartawan maupun video shoting di studio, tidak hanya mengedit video editor disini juga harus mampu mendesain grafis  yaitu dapat membuat desain yang baik dan menarik
4.         Ruang Kontrol
Ruang Kontrol berfungsi untuk mengontrol acara yang akan ditampilkan didalam ruang ini juga yang mengatur kamera ketika diadakan acara live  dan ruangan untuk mengatur acara dan iklan.
5.         Studio Mini
Didalam studio mini ada beberapa tempat yang digunakan untuk siaran yaitu siaran berita dan siaran talk show di studio ini
6.         Studio Besar
Studio ini digunakan untuk siaran  acara yang membutuhkan banyak ruang seperti acara musik, distudio ini dilengkapi dengan bangku penonton sehingga penonton dapat menyaksikan acara tersebut secara langsung.














C.    Proses Peliputan Jurnalistik
Proses pembuatan berita yang pertama dilakukan adalah melakukan rapat redaksi diruang redaksi , dalam rapat redaksi ini, para reporter, juru kamera, redaktur, dapat mengusulkan topik liputan. Usulan itu dapat diperoleh dari beberapa sumber yaitu konfrensi pers, siaran pers, maupun melihat berita yang sudah ditayangkan pihak lain, atau hasil pengamatan jurnalis. Dari rapat redaksi ditentukan topik yang akan diliput, sekaligus juru kamera yang harus meliput.
            Sesudah tugas dibagikan dalam rapat redaksi, reporter dan juru kamera terjun ke lapangan untuk meliput berita, dalam proses peliputan jika ada masalah repoter dapat melapor ke redaktur. Setelah selesai meliput repoter kembali ke kantor dan melaporkan hasil liputannya, repoter kemudian disuruh menulis berita pada bagian mana aspek yang ditekankan, kemudian hasil itu diolah oleh redaktur untuk disunting dari segi bahasa dan isinya.
            Untuk bagian video dapat diedit diruang editing , editor dapat ditemani juru kamera untuk menunjukan gambar yang akan dimuat di berita, dibagian ini juga gambar dan suara berita disatukan menjadi berita yang baik dan dimengerti oleh penonton, bagian editing adalah bagian yang paling rumit dan membutuhkan waktu lama. Setelah berita jadi,berita akan masuk kedalam quality control yaitu melihat kualitas berita yang disampaikan agar sesuai dengan aspek baik dan benar sesuai peraturan. Berita yang sudah jadi disiarkan oleh pembawa berita di studio mini, pembawa berita harus orang yang pintar karena dalam membawakan berita harus benar dan sesuai dengan fakta. Berita atau informasi yang sesuai dengan fakta sangat diperlukan karena informasi akan diterima oleh masyarakat luas, jika tidak sesuai dengan fakta akan menimbulkan masalah. Oleh karena itu kejujuran harus diutamakan dalam pembuatan dan penyampaian berita.







BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kompas TV Jawa Tengah Merupakan stasiun lokal Jawa Tengah yang terletak di kota Semarang, Jawa Tengah. Kompas TV menyiarakan acara-acara edukatif dan acara yang melestarikan budaya yang ada di Jawa Tengah. Dalam menyampaikan informasi dan acara, Kompas TV Jawa Tengah Mengutamakan aspek kejujuran yaitu dalam seluruh acaranya di buat apa adanya sesuai fakta tanpa ada settingan, seharusnya sifat ini perlu dicontoh oleh TV lain karena yang mereka kejar adalah rating sampai akhirnya aspek yang baik dihilangkan.
Kompas TV memperoleh berita dari reporter yang meliput ke lapangan sehingga diperoleh informasi yang sesuai dengan fakta, dengan melakukan kunjungan study ke Kompas TV Jawa Tengah kami mendapakan wawasan tentang dunia broadcasting sehingga kami tau bagaimana berita itu di peroleh dan bagaimana berita itu diolah menjadi suatu informasi yang bermanfaat.
Kesan dan Saran
Kesan
Kunjungan ini sangat baik karena banyak memberikan wawasan dan informasi tentang stasiun TV,  karyawan Kompas TV Jawa Tengah juga baik dan ramah, mereka mau memberikan informasi dari awal berdirinya Kompas TV hingga pembuatan berita yang baik dan benar.
Saran
Sebaiknya waktu kunjungan diberikan waktu lebih banyak karena informasi yang kami dapat masih kurang, sehingga kedepannya harus jelas waktu dan topik yang akan diberikan pada pengunjung

Download Softfile disini 


Previous
Next Post »