Jawaban UTS Manajemen Strategik Akuntansi UNNES





UTS Manajamen Strategik

1.      Apa yang di maksud dengan manajemen strategik ?
Menurut Fred R. David Manajemen Strategik adalah sebuah ketrampilan / ilmu yang menerapkan formulasi/perumusan, implementasi dan evaluasi keputusan lintas fungsional yang membuat organisasi mencapai objektifnya, dengan kata lain bahwa Manajemen Strategik adalah kemampuan perusahaan dalam merumuskan tujuan perusahaan untuk menentukan bisnis yang akan dijalankan dan mengalokasikan sumber daya yang ada. Kemudian kemampuan perusahaan mengimplementasikan/menjalankan bisnisnya dan yang terakahir mengevaluasi bisnisnya, Apakah faktor yang mempengaruhi bisnisnya ?, bagaimana performa perusahaan ?, lalu mengkoreksinya

2.      Jelaskan implementasi manajemen strategis yang ada di ALDI ?
       Implementasi manajemen startegis yang ada pada ALDI adalah
       ALDI merancang kebijakan bahwa ALDI harus memberikan karyawannya dengan pengetahuan dan ketrampilan dengan melakukan pelatihan wajib bagi karyawannya, agar mereka dapat melakukan tugasnya dan berkompeten. Pelatihan diharapkan untuk meningkatkan efisiensi bisnis tetapi juga untuk memotivasi, sehingga meningkatkan kepuasan kerja karyawan.
       Berdasarkan penjelasan diatas,  dalam jangka pendek pelatihan digunakan untuk membantu perusahaan agar efektif dan efisien, dalam jangka panjang pelatihan dapat mengembangkan ketrampilan dan kompetensi karyawan.
       Implementasi selanjutnya adalah ALDI memberikan harga yang rendah untuk pelanggannya, hal ini sesuai dengan slogan ALDI “Spend Little, Live A lot” yang artinya menghabiskan uang sedikit untuk hidup yang lebih banyak, dengan harga rendah akan memberikan pilihan yang lebih banyak untuk pelangganya.

3.      Tentukan keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman ALDI dengan menggunakan SWOT analysis?

SWOT Analysis
Strength (Keunggulan)
1.      ALDI memberikan produk-produk dengan kualitas terbaik dan memberikan nilai untuk pelanggannya.
2.      ALDI memiliki ribuan toko ritel diseluruh dunia termasuk di Eropa, Amerika Utara dan Australia, dan akan masih terus berkembang.
3.      ALDI memberikan produk terbaik dengan harga yang kompetitif.
4.      ALDI memiliki biaya yang rendah, akibat dari operasi yang efisien.
5.      ALDI menempatkan bahwa yang paling penting adalah melatih dan mengembangkan karyawannya
Weakness (Kelemahan)
1.       Harga produk yang rendah bagi sebagian orang merasa ragu untuk membeli produk tersebut.
Oppotunity (Peluang)
1.      ALDI belum mengembangkan pasar di ASIA dan AFRIKA, itu merupakan peluang untuk mengembangkan pangsa pasar yang lebih luas.
2.      Ekspansi yang cepat membuat ALDI membutuhkan hingga 4000 staf selama 12 bulan. Ini merupakan peluang untuk menciptakan lapangan pekerjaan.
Threat (Ancaman)
1.      Banyaknya para pesaing yang masuk kedalam pasar merupakan ancaman bagi ALDI.
2.      Ancaman bagi ALDI adalah pasokan yang lancar dengan harga yang rendah, semakin tinggi perkembanganALDI , maka berkibat pasokan yang semakin tinggi pula.Sehingga pemasok akan sulit memenuhi kebutuhan pasar.







4.      Jelaskan strategi perluasan pasar yang dilakukan ALDI ?
Strategi perluasan pasar yang dilakukan ALDI adalah ALDI mengembangkan usahanya di Eropa, Amerika Utara dan Australia. Dapat kita lihat bahwa ALDI menggunakan strategi market development yaitu ALDI terus meningkatkan usaha pemasarannya dengan terus mengembangkan usahanya di kawasan Eropa, Amerika Utara dan Australia, dengan expansi yang cepat, ALDI membutuhkan staf yang sangat banyak, perusahaan harus merekrut 4000 staf hingga 12 bulan berikutnya untuk memenuhi syarat penjualan yang meningkat dan pembukaan toko baru.
5.      Menurut saudara, strategi apakah yang paling tepat bagi ALDI untuk mengembangkan usahanya ?
Menurut saya strategi yang paling tepat bagi ALDI untuk menggembangkan usahanya adalah dengan menggunakan Integration Strategy dan menggunakan backward intergration atau mendapatkan kepemilikan/ kontrol lebih untuk pemasok  karena saya melihat bahwa ALDI perlu melakukan negosiasi dengan beberapa pemasok dan menjadikannya sebagai partner untuk mendapatkan harga terbaik, hal ini diperlukan untuk menjaga agar pasokan dapat memuhi kebutuhan pasar yang tinggi.
Strategi ini cocok dilakukan karena perusahaan ALDI akan terus berkembang dengan membutuhkan produk yang banyak dan cepat, yang terpenting dengan strategy ini untuk dapat menjaga kestabilan harga.

Strategi yang kedua adalah market development atau mengembangkan pasar, ALDI masih memiliki pasar yang luas dan belum mereka masuki yaitu di kawasan ASIA dan AFRIKA, dengan banyaknya negara berkembang saya rasa ALDI dapat diterima di kawasan tersebut, karena ALDI memiliki produk berkualitas dan harga yang murah.
           
Previous
Next Post »